Tokoh Sumpah Pemuda Yang Wajib Kita Ketahui

Berbicara mengenai pergerakan kemerdekaan tanah air Indonesia memang akan selalu berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang menyertainya. Peristiwa-peristiwa ini tentunya merupakan bentuk perjuangan dari para pendahulu kita yang ingin melepaskan tanah air dari cengkraman para penjajah dan menjadikannya sebagai negara yang merdeka. Salah satu peristiwa tersebut adalah peristiwa Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda ini merupakan peristiwa yang lahir dari sebuah kongres bernama Kongres Pemuda. Sesuai dengan namanya kongres ini berisikan pemuda-pemuda Indonesia yang mempunyai gagasan untuk mencapai kemerdekaan. Nah kita sebagai generasi penerus bangsa tentu harus tahu siapa saja tokoh-tokoh dalam peristiwa Sumpah Pemuda ini. Lalusiapa sajakah tokoh sumpah pemuda ini?

Soegondo Djojopoespito

Tokoh sumpah pemuda yang pertama adalah Soegondo Djojopoespito.Soegondo Djojopoespito ini merupakan ketua panitia dari Kongres Pemuda II yang pada perkembangannya menghasilkan peristiwa Sumpah Pemuda ini. karirnya sebagai seorang pejuang nasionalisme sudah dimulai sejak ia duduk di bangku kuliah dan bahkan ia telah mengikuti kegiatan Kongres Pemuda I yang diselenggarakan pada tahun 1926.

Tokoh Sumpah Pemuda Soegondo Djojopoespito 

Tokoh Sumpah Pemuda Soegondo Djojopoespito

Kemudian keinginan tokoh sumpah pemuda ini untuk memerdekakan Indonesia semakin kuat ketika membaca majalah Indonesia Merdeka yang kemudian mengenalkannya dengan organisasi Perhimpunan Indonesia. Dari sinilah kemudian ia terinspirasi untuk membuat sebuah perkumpulan berisi para mahasiswa dan pelajar untuk menyatukan semangat kemerdekaan. Lalu di tahun 1926 Soegondo pun membentuk Perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia yang diketuai oleh Sigit. Setahun kemudian, posisi ketuapun diserahkan ke Soegondo.

Mohammad Yamin

Lalu tokoh sumpah pemuda yang selanjutnya adalah Mohammad Yamin. Mungkin kita sudah sering mendengar nama Yamin karena namanya memang sangat populer bahkan melebihi Soegondo yang merupakan ketua panitia Kongres dan Yamin yang merupakan seorang sekretaris. Sebenarnya Yamin juga merupakan kandidat ketua, namun karena ketua yang dibutuhkan haruslah sangat netral dan Yamin berasal dari Jong Sumatra, sehingga akhirnya Soegondolah yang dipilih menjadi ketua. Kemudian saat sesi terakhir dari Kongres pemuda II, Yamin mengusulkan rumusan resolusi yang ia tulis dalam secarik kertas. Kertas tersebut berisi 3 frasa yaitu satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yang kemudian menjadi trilogi sumpah pemuda.

Tokoh Sumpah Pemuda Mohammad Yamin

Tokoh Sumpah Pemuda Mohammad Yamin

Wage Rudolf Soepratman

tokoh sumpah pemuda yang selanjutnya adalah Wage Rudolf Supratman. Ya, mungkin kita juga telah mengenai nama WR Suprtaman ini dari lagu Indonesia Raya yang diciptakannya. Pada saat Kongres Pemuda II, Supratman meminta izin kepada Soegondo selaku ketua Kongres untuk memperdengarkan lagu yang diciptakannya. Soegondo kemudian mencari cara aman karena saat itu Kongres dijaga para polisi Hindia Belanda sehingga kata-kata merdeka ditakutkan bisa memicu pembubaran bahkan penangkapan. Untuk itu, secara diplomatis dan elegan, memberikan izinnya kepada Supratman untuk memperdengarkan lagu Indonesia Raya tersebut lewat lantunan biola.

Tokoh Sumpah Pemuda Wage Rudolf Soepratman

Tokoh Sumpah Pemuda Wage Rudolf Soepratman

Soenario Sastrowardoyo

Kemudian Soenario Sastrowardoyo juga merupakan salah satu tokoh sumpah pemuda yang wajib kita ketahui. Perjalanannya dalam sejarah kemerdekaan Indonesia sangat besar karena ia berperan secara aktif dalam 2 peristiwa yaitu Manifesto 1025 dan juga Kongres Pemuda II yang merupakan tonggak dari sejarah nasional. Dalam Manifesto 1925, ia merupakan pengurus atau lebih tepatnya Sekretaris II Perhimpunan Hindia yang kelak berganti menjadi Perhimpunan Indonesia yang terdapat di negeri Belanda. Kemudian dalam Kongres Pemuda II sendiri, Soenario membantu melancarkan perjalanan Kongres sebagai penasihat karena ia memiliki banyak pengalaman dalam organisasi. Selain itu, pengalamannya di Belanda juga membawa dampak baik dalam pembelaannya pada para aktivis yang berurusan dengan para polisi Hindia Belanda.

Tokoh Sumpah Pemuda Soenario Sastrowardoyo

Tokoh Sumpah Pemuda Soenario Sastrowardoyo

Sie Kong Liong

Dan terakhir ada tokoh sumpah pemuda yang bernama Sie Kong Liong. Mungkin kita jarang sekali atau bahkan belum pernah mendengar nama tokoh sumpah pemuda yang satu ini. padahal, Sie Kong Liong juga memiliki andil yang sangat besar karena ia merupakan pemilik rumah yang dijadikan sebagai tempat pertemuan para pemuda atau bisa juga disebut sebagai Gedung Sumpah Pemuda yang akhirnya berganti nama menjadi Museum Sumpah Pemuda. Rumah Sie Kong Liong ini berada di Jl Kramat No. 106 dan penetapannya sebagai Gedung Sumpah Pemuda merupakan prakarsa dari Soenario.

Tokoh Sumpah Pemuda Sie Kong Liong

Tokoh Sumpah Pemuda Sie Kong Liong

Tokoh Sumpah Pemuda Yang Wajib Kita Ketahui | asepkanan | 4.5