Tips Mencegah Agar Tidak Mabuk Dalam Perjalanan

Tips mencegah agar tidak mabuk dalam perjalanan saat mudik dan berpergian jauh – Tentu anda pernah melakukan perjalanan bukan, bisa pada saat mudik pulang kampung saat akan lebaran, jalan-jalan ketempat wisata bersama teman-teman maupun keluarga, pergi keluar kota urusan pekerjaan dan lain-lain.

Sebenarnya perjalanan berepergian seperti itu sangat mengasyikkan, karena dalam perjalan kita bisa menemukan hal baru, misalnya melihat pemandangan yang belum pernah kita lihat, merasakan pengalaman baru berada didaerah orang, maupun nostalgia pulang ke kampung halaman.

Namun perjalanan kadang kala tidak lah berjalan mulus, ada-ada saja hambatan yang bisa menghadang kita, selain faktor kendaraan rusak, bocor maupun kecelakaan, faktor kesehatan juga bisa menghambatnya.

Faktor yang menghambat perjalanan kita karena kesehatan biasanya yang paling umum terjadi adalah mabuk dalam perjalanan, mabuk dalam perjalanan sudah sering ditemui pada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan, ketika kita mengalami mabuk dalam perjalanan gejala yang tersa akan banyak sekali diantaranya adalah perut terasa mual-mual, kepala pusing, dan muntah-muntah kemudian jika terlalu banyak muntah-muntah akan menyebabkan badan kita terasa lemas jika parah bahkan bisa membuat kita pingsan.

Tips mencegah agar tidak mabuk dalam perjalanan

mabuk dalam perjalanan umumnya disebabkan oleh banyak faktor diantanya adalah karena pola makan kita yang salah, kurang tidur, badan tidak fit sebelum melakukan perjalanan dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana caranya untuk menghindari mabuk ketika dalam perjalanan ini, tenang saja saya akan memberikan sedikit tips agar tidak mabuk dalam perjalanan, tips ini saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi dan kutipan dari barbagai sumber yang sering melakukan perjalanan tanpa merasakan rasa mabuk sedikit pun.

Tips mencegah agar tidak mabuk dalam perjalanan saat mudik dan berpergian jauh

1. Perhatikan pola makan sebelum melakukan perjalalan

Ketika kita mengalami mabuk saat dalam perjalanan efek yang ditimbulkan pasti ingin muntah-muntah bukan, muntah-muntah tersebut disebabkan karena perut terasa tidak nyaman karena tergoncang-goncang saat perjalanan diatas kendaraan ditambah lagi jika anda sebelum melakukan perjalanan mengkonsumsi terlalu banyak makanan malah akan memperparahnya, makanan yang banyak mengandung lemak dan pedas juga bisa memicu semakin parahnya rasa ingin muntah-muntah tersebut, oleh sebab itu sebelum melakukan perjalalan sebaiknya perhatikan pola makan anda, sebelum melakukan perjalalan ada baiknya anda banyak makan makanan yang berserat agar mudah dicerna oleh usus misalnya sayur, buah dan roti dengan porsi yang cukup saja, jangan sampai terlalu kenyang, kalau-kalau jika anda takut akan lapar didalam perjalanan lebih baik anda membawa makanan dari rumah, apabila perut sudah merasa lapar lagi anda bisa mengkonsumsinya saat dalam perjalanan.

Dengan memperhatikan pola makan seperti itu perut anda bisa lebih rileks dan tidak akan mudah mual jika terjadi goncangan pada saat perjalanan.

2. Hindari pandangan kebawah ketika dalam perjalanan

Ini mungkin hal yang baru bagi anda bahwa melihat kebawah terlalu lama bisa membuat kepala terasa pusing dan mual apalagi jika didalam kendaraan pandangan ke bawah bisa membuat anda lebih terasa pusing karena kendaran melaju kencang sehingga pandangan tidak beraturan, usahakan bila didalam perjalalan anda selalu melihat kedepan dan lebih baiknya jika dalam perjalanan anda bisa tidur, itu malah bisa membuat badan anda menjadi rileks.

3. Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan

Istirahat yang cukup sebelum melakukan aktifitas adalah kegiatan wajib yang harus kita lakukan, agar ketika kita melakukan aktifitas tertentu fisik kita bisa lebih siap untuk menghadapainya, begitu juga ketika anda akan melakukan perjalalnan.

4. Bersikap tenang dan rileks saat dalam perjalanan

Cara mengatasi mabuk dalam perjalanan ini bisa dibilang adalah cara yang paling alami yang timbul dari keyakinan diri anda, saat dalam perjalanan niatkan lah dalam hati dan pikiran anda bahwa anda tidak akan mabuk dalam perjalanan sehingga anda bisa merasa percaya diri dan tidak cemas saat perjalanan dan untuk bisa sedikit melupakan diri dari rasa mabuk dalam perjalanan anda bisa mendengarkan musik, syukur-syukur jika anda bisa memejamkan mata dan tiudr sejenak.

5. Konsumsi obat anti mabuk perjalanan

Ini adalah cara yang instan bagi anda yang akan melakukan perjalanan, cara ini bisa anda lakukan jika anda sudah sering kali mengalami mabuk dalam perjalanan, bisa dibilang bagi anda yang sudah menjadi pecantu mabuk perjalanan akut yang telah gagal menjalankan tips mengatasi mabuk dalam perjalanan.

Maka sebelum melakukan perjalanan ada baiknya anda mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan, anda bisa mendapatkan obat tersebut di apotik atau toko terdekat contoh obatnya adalah antimo dan alangkah lebih baiknya apabila anda meminta resep dokter.

Itulah beberapa tips mencegah agar tidak mabuk dalam perjalanan saat mudik dan berpergian jauh, dari tips diatas yang paling disarankan adalah tips nomor 4, karena dengan membuat tubuh dan fikiran anda menjadi tenang dan rileks bisa membangun menghilangkan keyakinan buruk yang paling anda takuti sekalipun.

Tips Mencegah Agar Tidak Mabuk Dalam Perjalanan | asepkanan | 4.5