Tips Cara Merawat Anak Yang Baik dan Benar

Tips cara merawat anak yang baik dan benar agar anak bisa menjadi manusia yang berkualitas dan berguna bagi banyak orang – Anak adalah anugrah paling terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia, kehadiran anak dalam sebuah keluarga merupakan pelengkap kebahagiaan yang tak ternilai harganya, namun sering sekali pada saat ini kita mendengar dan melihat sendiri banyak orang tua yang tidak bertanggung jawab telah menelantarkan anak-anak mereka, tidak mau merawat anak mereka, bahkan ada yang tega membunuh anak darah daging mereka sendiri, misalnya saja aborsi, membuang bayi tidak berdosa, dan menelantarkan anaknya djalanan.

Cara merawat anak yang baik dan benar

Sungguh kejam dunia ini, kita yang katanya manusia sebagai makhluk yang diciptakan oleh Tuhan paling sempurna dengan diberikan akal pikiran serta hati nurani bisa tega melakukan itu semua kepada darah daging kita sendiri.

Sejatinya anak merupakan investasi masa depan sebuah keluarga yang paling terbaik, anak juga adalah sebagai penerus garis keturunan kita, penerus harta kita, merawat kita disaat kita tua nanti dan gambaran wajah kita dimata masyarakat. Oleh sebab itulah kita harus menjaga dan merawat anak kita sebaik-baiknya.

Tugas orang tua untuk merawat anak itu tidaklah mudah dan perlu perjuangan yang sangat tinggi. Perlu anda ketahui bahwa tugas orang tua merawat anak bukan saja hanya hingga anak anda dewasa dan menikah nanti, tetapi tugas orang tua merawat anak pada umumnya dikelompkkan menjadi 3 fase. Pertama dimulai dari masa kandungan 9 bulan 10 hari sampai melahirkan, kedua dari masa bayi dilahirkan hingga dia remaja, ketiga dari masa anak anda dewasa sampai menikah dan berkeluarga nanti.

Cara merawat anak yang baik dan benar

Sungguh-sungguh perjuangan yang sangat berat bagi orang tua untuk memastikan titipan Tuhan tersebut bisa tumbuh normal dengan baik didunia ini, lalu bagaimana cara merawat anak yang baik dan benar agar anak bisa tumbuh normal dan sehat mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

1. Penuhi asupan gizi

Yang pertama dan paling utama untuk merawat anak agar bisa tumbuh normal adalah dengan memberi asupan gizi yang cukup kepada buah hati, asupan gizi sangat penting sekali selain untuk mendukung pertumbuhan, asupan gizi yang cukup dapat menghindarkan anak anda dari berbagai macam penyakit agar bisa tumbuh normal dan menjalani aktifitas seperti biasanya.

Asupan gizi disini bukan hanya ketika anak anda mulai tumbuh hingga dewasa, tetapi pemberian asupan gizi dimulai ketika buah hati masih janin didalam kandungan, periksa kesehatan rutin kesehatan janin, beri susu nutrisi untuk janin kemudian melahirkan dengan normal di rumah sakit. setelah anak lahir beri makanan yang rekomendasi sesuai dengan usia mereka, ketika masih bayi, kemudian memasuki balita, kemudia memasuki masa anak-anak, kemudia memasuki masa pubertas ( remaja ), berikan makanan dan minuman sehat bergizi sesuai usia mereka. Jika semua itu sudah anda lakukan maka anda bisa tersenyum sambil menyaksikan buah hati anda tumbuh hingga dewasa.

2. Cinta dan kasih sayang

Yang kedua adalah cinta dan kasih sayang, pertumbuhan anak sangat dipengaruhi oleh cinta dan kasih sayang orang tua nya, terutama untuk perkembangan mental, emosi dan kelakuan anak. Bukannya anda menginginkan anak anda menjadi anak yang baik, cinta kepada orang lain, sayang kepada orang lain.  Seperti yang telah kita ketahui anak manusia itu seperti kertas putih, dan orang tua berfungsi sebagai tinta, artinya perkembangan mental, emosi dan kelakuan dapat terbentuk dari peran orang tua, bagaimana perlakuan orang tua kepada anak, dan respon anak terhadap perlakuan yang diberikan oleh orang tua, jika perlakuan orang tua diambil respon positif oleh anak maka anak cenderung mencontoh perlakuan tersebut lalu menyalurkannya kembali ke lingkungan disekitarnya begitu juga sebaliknya. Cinta dan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua kepada anak nya

Sering kita mendengar dan melihat langsung kelakuan seorang anak yang cenderung menyimpang, nakal dan selalu minta perhatian kepada orang lain, tentu anda sudah bisa menerkanya bukan seperti apa lingkungan keluarga si anak, dan bagaimana perlakuan orang tua kepada anak tersebut.

3. Pendidikan

Dalam merawat seorang anak kita juga harus memberi pendidikan yang terbaik untuk buah hati kita dengan cara mendidik anak yang baik dan benar untuk menyiapkan masa depan anak dikemudian hari. Bukan hanya dididik untuk menjadi pintar dalam bidang akademik saja, tetapi juga kemampuan interpersonal skill serta akhlak dan perilaku juga, agar selain anak bisa menjadi pintar dibidang akademik, anak juga bisa menjadi seorang pribadi yang berkualitas serta memiliki kepribadian yang baik, berakhlak baik, sopan santun serta berguna bagi banyak orang.

Cara merawat anak yang baik dan benar

4. Rasa Aman

Dalam menjalani masa perkembangannya seorang anak juga sangat butuh rasa aman untuk memastikan perkembangan pertumbuhannya tidak terganggu dari berbagai ancaman. Rasa aman disini maksudnya seperti terjamin keamanannya, terlindung dari bahaya dan ancaman penyakit, perang, kemiskinan, kelaparan, perlakuan tidak adil dan sebagainya. Rasa aman juga bisa melatih emosi seorang anak agar selalu terkendali.

Itulah tadi beberapa tips cara merawat anak yang baik dan benar agar anak bisa menjadi manusia yang berkualitas dan berguna bagi banyak orang.

Tips Cara Merawat Anak Yang Baik dan Benar | asepkanan | 4.5