Tips Cara Menghindari Kejahatan di Media Sosial

Tips cara menghindari kejahatan di media sosial yang wajib kita ketahui – Media sosial pada saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Tidak heran banyak sekali aktifitas masyarakat saat ini yang memanfaatkan bantuan media sosial ini, misalnya saja berkirim pesan, berbagi foto, berbagi pengalaman dan masih banya lainnya, bahkan aktivitas berbisnis sangat dimudahkan dengan adanya bantuan media sosial, yang biasa disebut dengan bisnis online karena media sosial adalah termasuk pusat interaksi manusia yang berbasis dunia maya.

Media sosial juga pada saat ini telah bermacam-macam sekali, setiap media interaksi yang tersambung dengan internet bisa dikatakan media sosial, contoh media sosial tersebut diantaranya adalah facebook, twitter, istagram, google + plus, path, BBM, line, whatsapp dan masih banyak lainnya.

Tetapi tahukah anda bahwa pada saat ini banyak sekali terjadi kejahatan yang sering dilakukan misalnya saja penipuan, pemerasan, pencurian bayak sekali telah terjadi di media sosial, untuk lebih jelasnya silahkan anda baca macam-macam kejahatan melalui media sosial.

Tips Cara Menghindari Kejahatan di Media Sosial

Lalu bagaimana cara mencegah semua kejahatan media sosial itu terjadi pada anda ?

Sebenarnya semua akses di media sosial yang anda buka setiap hari adalah sepenuhnya kontrol dari diri anda sendiri, banyaknya kejahatan media sosial yang sering terjadi pada saat ini adalah karena kurangnnya kepedulian, kewaspadaan dan kehati-hatian anda sendiri, terlebih lagi apalagi jika anda masih kurang memiliki pengetahuan dalam menggunakan media sosial sepenuhnya.

Oleh sebab itu disini saya akan membagikan beberapa tips menghindari kejahatan di media sosial yang wajib anda ketahui, untuk menambah pengetahuan tentang penggunaan media sosial yang baik dan benar supaya anda terhindar sepenuhnya dari segala tindak kejahatan yang terjadi di media sosial.

1. Amankan privasi anda

Jika anda mendaftar ke situs media sosial misalnya facebook, twitter, google +, pasti anda disuruh untuk memasukkan data diri bukan, seperti alamat email, nomor telepon, alamat rumah, dan lain-lain. Pada umumnya setelah mendaftar ke media sosial tersebut otomatis data diri anda bisa di setting ditampilkan umum atau tersembunyi, usahakan jika anda masih baru menggunakan media sosial silahkan anda setting tersembunyi saja data diri anda karena jika data diri anda tampilkan secara umum semua orang pasti bisa melihat data diri anda, jika data diri anda diketahui oleh orang jahat pasti akan sangat mudah sekali bukan untuk si penjahat melakukan aksi kejahatannya kepada anda.

Mengamankan privasi juga dapat membantu anda meminimalisir seseorang mengambil alih akun media sosial anda atau istilahnya meng-hack akun media sosial anda, karena tidak mungkin seseorang bisa masuk secara ilegal ke akun kita jika orang tersebut tidak mengetahui sama sekali tentang keberadaan kita di media sosial.

2. Filter pertemanan anda

Kejahatan dimedia sosial bisa terjadi pada siapa saja, namun kebanyakan orang yang melakukan kejahatan dimedia sosial adalah orang baru yang tidak kita kenal, oleh sebab itu filter lah pertemanan anda di media sosial, jangan semua orang anda tambahkan sebagai teman, cukup teman-teman yang telah anda kenal baik saja. Atau jika anda memang bertujuan untuk menambah teman sebanyak-banyaknya di media sosial, anda bisa menelusuri terlebih dahulu asal usul orang yang ingin anda tambahkan sebagi teman tersebut, mungkin dengan melihat foto profilnya, status di dinding akunnya lalu jika anda merasa orang tersebut sedikit mencurigakan anda bisa mengabaikannya.

3. Jangan mudah percaya dengan pengguna media sosial lain

Ini merupakan kelanjutan dari nomor 2 filter pertemanan, jika ada orang di media sosial yang kurang anda kenal atau bahkan tidak anda kenal sama sekali yang menawarkan sesuatu misalnya menjual produk, menginformasikan sesuatu, atau bahkan merayu anda, jangan sekali-sekali anda mudah percaya lalu melakukan keinginan orang tersebut. Disini yang anda butuhkan adalah pengetahuan dan kewaspadaan. Jika anda ingin membeli sesuatu secara online di media sosial ada baiknya anda mengetahui seluk beluk tentang barang yang di jual dan data diri si penjual, terlebih lagi jika ada testimoni dari pembeli yang pernah bertransaksi dengan penjual tersebut.

4. Waspadai link spam, dan link mencurigakan ( jebakan betmen )

Pernahkan anda melihat gambar-gambar yang tak senonoh, link situs berita yang mengundang penasaran yang banyak sekali bertebaran dimedia sosial, kebanyakan link-link sampah tersebut adalah link jebakan betmen yang jika anda klik akan mengarahkan kehalaman yang tidak jelas dan bisa menipu anda. Oleh sebab itu waspadalah dengan link-link tersebut dengan tidak sembarangan membukanya, bukan hanya anda akan tertipu bisa-bisa malah akun anda akan otomatis diambil alih orang yang tidak bertanggung jawab menebar link sampah tersebut.

5. Perhatikan akses login ke media sosial anda

Ini adalah salah satu faktor eksternal yang harus anda ketahui, bukan saja setelah anda login ke media sosial, kejahatan juga bisa terjadi sebelum anda mulai masuk ke media sosial, misalnya saja ketika anda login ke media sosial melalui komputer warnet, minjam hp atau komputer teman dan lain-lain lalu anda lupa logout dari akun media sosial anda, wah itu kan bisa berbahaya jika teman anda atau pengguna warnet lain sampai bisa login ke akun media sosial anda entah apa yang akan terjadi. 😀

Sekali lagi yang harus saya ingatkan bahwa semua kontrol di media sosial adalah sepenuhnya di tangan anda, maka dari itu diperlukan sekali kewaspadaan dan kehati-hatian ekstra yang harus anda lakukan dalam melakukan aktivitas media sosial anda.

Baiklah itulah tadi beberapa tips cara menghindari kejahatan di media sosial yang wajib kita ketahui, be smart and be careful. 😀

Tips Cara Menghindari Kejahatan di Media Sosial | asepkanan | 4.5