Tips Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Plak Gigi Secara Alami

Tips cara menghilangkan karang gigi dan plak gigi secara alami –¬†Gigi adalah anggota yang berperan penting sekali dalam proses pencernaan, gigi memiliki fungsi utama untuk menghaluskan makanan,merobek makanan dan mengunyah makanan agar menjadi bagian yang lebih kecil sehingga mudah di cerna. Pada orang dewasa gigi berjumlah 32 buah, terdiri dari 4 buah gigi taring, 8 buah gigi seri, dan 20 buah gigi geraham.

Fungsi utama gigi

Dari 3 jenis gigi tersebut mempunyai fungsi masing-masing, yaitu :

1. Gigi taring berfungsi untuk merobek makanan atau benda lainnya, bentuk gigi taring runcing dan agak lebih tinggi.

2. Gigi seri berfungsi untuk memotong-motong makanan atau benda lainnya. Bentuknya pipih dan tegak, pada tepinya tajam. Terletak pada bagian depan.

3. Gigi geraham depan berfungsi untuk mengunyah makanan atau benda lainnya. Bentuknya rata dan lebih rendah, ada benjolan-benjolan kecil.

4. Gigi geraham belakang berfungsi untuk melumat, menghaluskan dan mengunyah makanan.

Karena fungsi gigi sebagai mengunyah makanan maka banyak masalah yang bisa timbul pada gigi, seperti sakit gigi, gigi kuning, gusi berdarah, karang gigi dan lain-lain. Dalam artikel ini akan membahas salah satu masalah pada gigi yaitu karang gigi.

tips cara menghilangkan karang gigi dan plak gigi secara alami

Apa itu karang gigi ?

Karang gigi atau plak gigi untuk sebagian orang mungkin hal yang biasa dan tidak di permasalahkan, tapi untuk orang yang memperhatikan kesehatan gigi pasti sangat risih apa bila mempunyai karang gigi. Karang gigi atau plak gigi ini akan berbahaya bila di biarkan saja karenakarang padas gigi banyak menyimpan bakteri yang akhirnya bisa memicu aktifnya sel kanker mulut.

Karang gigi (kalkulus gigi) merupakan kotoran yang mengeras dari sisa-sisa makanan yang kita kunyah, kotoran ini akan mengeras dan melekat kuat pada lapisan gigi. Jika pada gigi dan sela-sela gigi banyak tertinggal sisa-sisa makanan maka bakteri akan mencerna makanan tersebut dan lama kelamaan akan menjadi karang gigi, mulut pun mengeluarkan aroma yang tak sedap atau bau mulut.

Penyebab timbulnya karang gigi dan plak gigi

Kebiasaan minum kopi dan merokok dapat memperberat kondisi gigi yang sudah berkarang, karena karang gigi yang awalnya hanya berwarna kuning kecoklatan akan berubah menjadi warna hitam dan lebih melekat kuat di gigi. Efek yang di timbulkan oleh karang gigi ini adalah bau mulut, gusi berdarah, gusi bengkak, gigi jadi mudah goyang dan copot.

Cara menghilangkan dan mengatasi karang gigi / plak gigi

Cara untuk menghilangkan karang gigi ini cukup sulit, orang sering menggunakan cara medis untuk menghilangkan karang gigi, tapi cara tradisional tidak kalah dengan cara medis, dan juga cara tradisional ini lebih aman dan tidak merusak email gigi.

Tips cara alami menghilangkan karang gigi dan plak gigi

1. Cengkih

Anda bisa menggunakan cengkih untuk menghilangkan karang gigi. Caranya adalah:

  • Ambil biji cengkih kering secukupnya.
  • Haluskan biji cengkih tersebut dengan blender/di tumbuk.
  • Lalu gosokan keseluruh gigi dengan menggunakan sikat gigi, utamakan pada gigi yang berkarang.
  • Setelah menggosok beberapa menit lalu kumur dengan air bersih.
  • Lakukanlah 2 kali sehari.

2. Kulit jeruk

Jangan menyepelekan kulit jeruk, karena ternyata ada manfaat dari kulit jeruk yaitu dengan kulit jeruk anda bisa menghilangkan karang gigi, cara ini tergolong mudah dan cukup efektif. Caranya:

  • Gosokan gulit jeruk bagian dalam ke gigi, terutama pada karang gigi.
  • Gosok kurang lebih 3-5 menit
  • Lakukanlah 2x sehari

3. Buah Strawberry

Banyak orang menggunakan strawberry untuk menghilangkan karang gigi, karena kandungan vitamin C pada buah ini dapat mengikis karang pada gigi. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan mengkonsumsinya. Makan lah beberapa buah strawberry ini setiap hari.

4. Biji kawak

Biji kawak juga dapat membantu mengikis karang gigi anda, caranya adalah:

  • Ambil biji kawak secukupnya
  • Haluskan dengan blender atau di tumbuk.
  • Lalu gosokan beberapa menit ke seluruh gigi dengan menggunakan sikat gigi, terutama pada karang gigi.
  • Setelah itu kumur dengan air bersih.
  • Lakukanlah 2 kali sehari.

5. Buah Apel

Buah ini cukup banyak di gemari oleh masyarakat, karena banyak manfaatnya bagi kesehatan. Beberapa pakar mengatakan dengan sering makan buah apel tanpa mengupas kulitnya (sudah di cuci) akan membantu dalam pengikisan karang gigi.

Itulah tadi beberapa tips untuk menghilangkan karang gigi, bisa anda coba di rumah. Dan bagi anda yang belum tau cara untuk mencegah karang gigi, berikut akan saya jelaskan sedikit tips untuk mencegah karang gigi.

Tips mencegah karang gigi dan plak gigi

1. Gosok gigi minimal 2 kali sehari atau setiap sesudah makan. Lakukanlah dengan baik dan benar.

2. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan tepung.

3. Kurangi minum kopi dan jangan merokok.

Apabila cara alami menghilangkan karang gigi ini kurang efek atau tidak mempan untuk karang gigi anda, maka segeralah pergi kedokter gigi untuk menghilangkan karang gigi anda dengan bantuan alat medis.

Itulah tadi beberapa tips cara menghilangkan karang gigi dan plak gigi secara alami,terimakasih sudah membaca, semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kita semua.

Tips Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Plak Gigi Secara Alami | asepkanan | 4.5