Tips Cara Menghadapi Tes Wawancara Kerja

Tips cara menghadapi tes wawancara kerja dan contoh pertanyaan tes wawancara kerja – Pekerjaan yang layak merupakan idaman setiap orang, agar bisa menopang penghidupan keluarga dan hidup sejahtera, tetapi untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sangat diperlukan sekali usaha yang tidak mudah, anda perlu mempunyai kualifikasi tertentu agar bisa mendapatkan pekerjaan itu, misalnya pendidikan, keahlian maupun syarat lainnya. Sekalipun anda telah memiliki kualifikasi tersebut, juga masih ada lagi hambatan yang harus anda lewati untuk mendapatkan suatu pekerjaan yaitu tes wawancara atau tes interview kerja.

Tes wawancara ( interview ) adalah salah satu serangkain tes yang dilakukan untuk bisa masuk pada instansi tetentu, tes wawancara bukan hanya dilakukan ketika kita sedang melamar suatu pekerjaan saja tetapi juga bisa tes wawancara masuk perguruan tinggi ( kuliah ), tes wawancara masuk akademi ( kepolisian, keperawatan, militer ), tes wawancara masuk sekolah dan lain-lain.

Tujuan dari diadakannya tes wawancara sebenarnya sama saja yaitu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anda tentang suatu bidang yang anda kuasai atau minati dan tentang instansi yang ingin anda masuki, untuk mendapatkan hasil penilaian layak atau tidak layaknya anda di terima pada instansi tersebut.

Tips Cara Menghadapi Tes Wawancara Kerja

Akan tetapi pada saat ini sering kali terjadi para pelamar cenderung menganggap sepele  dengan adanya tes wawancara ini padahal pertimbangan di terima atau tidaknya anda terhadap suatu rangkaian tes masuk besar sekali pada tahap tes wawancara tersebut.

Untuk mendapatkan hasil tes yang maksimal pada saat tes wawancara banyak sekali faktor yang harus diperhatikan, agar anda siap dalam menghadapinya.

Berikut dibawah ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan dan pahami sebelum menghadapi tes wawancara.

Cara menghadapi tes wawancara ( interview ) kerja

Tahap persiapan sebelum tes wawancara ( interview ) kerja

Tips Cara Menghadapi Tes Wawancara Kerja

1. Kenali lokasi tempat anda akan bekerja

Tahap persiapan pertama adalah kenali tentang lokasi tempat anda akan bekerja, ketika anda memasukkan surat lamaran kerja biasanya kan anda pemberitahuan jadwal tes wawancara dan juga biasanya anda disuruh untuk memasukkan ulang berkas-berkas pelengkapnya, pada saat itu sebaiknya anda mengirimkan berkas-berkasnya sendiri langsung ke kantor atau instansi tempat anda akan bekerja, jangan melalui pos atau kurir, sehingga nantinya anda akan mempunyai kesempatan untuk mengenal tentang tempat anda akan bekerja, agar anda tidak merasa asing pada tempat tersebut, lalu sempatkan lah mampir ke kantin kantor untuk sekedar ngopi atau ke tempat parkir bertemu satpam untuk berbincang-bincang tentang seluk beluk tempat kerja tersebut, gali lah informasi sebanyak-banyaknya syukur -syukur nanti bisa bertemu dengan senior karyawan di situ jadi anda bisa mempunyai kesempatan untuk bertanya tentang tes wawancara kerja yang pernah dia lalu.

Pertanyaan yang bisa anda ajukan adalah :

  • Yang ngetes wawancara nanti siapa ?
  • Contoh pertanyaan wawancaranya apa saja ya ?
  • dll

Nah jika anda sudah mendapatkan semua itu disini anda sekarang sudah mempunyai salah satu amunisi bagus sebagai modal wawancara nanti.

2. Kenali perusahaan atau instansi tempat anda akan bekerja

Ini yang paling wajib harus anda ketahui yaitu tentang perusahaan atau instansi tempat anda akan bekerja, berisi semua seluk beluk tentang instansi atau perusahaan tersebut, biasanya mencakup :

  • Profil perusahaan
  • Siapa pemimpin perusahaan ?
  • Kapan perusahaan berdiri ?
  • Di bidang apa perusahaan tersebut ?
  • Dll

Untuk mendapatkan semua informasi tersebut anda bisa mendapatkannya melalui cara nomor 1 diatas, tetapi bagaimana jika anda sama sekali tidak mendapatkan informasi tersebut melalui cara nomor 1 diatas, tenang saja anda bisa browsing kesana-kemari di internet, buka google pasti lengkap segala informasi tentang perusahaan atau instansi tersebut.

Tahap eksekusi tes wawancara ( interview ) kerja

Tahap eksekusi ini adalah tahap yang paling penting sekali dan jangan sampai anda lewatkan, karena akan sangat berdampak sekali terhadap hasil tes wawancara nanti.

1. Persiapkan pakaian yang akan anda gunakan pada saat tes wawancara nanti, usahakan pakaian disiapkan jauh-jauh hari sebelum melakukan tes wawancara, pilihlah pakaian yang tepat dan pas yaitu pakaian resmi, kalau pria bisa memakai kemeja yang setelannya pas pada tubuh anda dengan pilihan warna paling baik satu warna saja paling baik biru , putih dan celananya menggunakan celana standar kerja warna hitam sedangkan sepatu menggunakan sepatu resmi warna hitam dengan kaos kaki hitam atau gelap.

Sedangkan untuk wanita bisa menggunakan setelan pakaian baju  gaun resmi yang simpel saja dipadukan denga jaket resmi untuk menutupi bagian tubuh wanita anda, jangan gunakan make – up yang berlebihan “norak”, dengan menggunakan sepatu resmi biasa saja warna hitam atau gelap dengan dipadukan kaos kaki hitam atau gelap juga, lalu kalau bisa jangan menggunakan parfum karena ada dari sebagian orang yang alergi terhadap parfum, bayangkan jika yang alergi parfum tersebut adalah salah satu tim yang mewawancarai anda nanti 🙂 .

2. Cukup tidur atau istirahat

Tidur normal biasanya 8 – 7 jam tujuannya agar anda bisa bangun lebih awal agar tidak kesiangan saat akan melakukan tes wawancara nanti.

3. Sarapan / makan

Sarapan atau makan sangat penting sekali agar tubuh anda memiliki nutrisi dan tenaga yang cukup untuk bisa menghadapi tes wawancara kerja nanti, tetapi jangan sampai kekenyangan bisa-bisa nanti malah anda mengantuk atau sakit perut pada saat wawancara kerja, pasti itu sangat tidak nyaman sekali.

4. Datang lebih cepat

Datanglah ke tempat tes wawancara kerja lebih awal dan cepat, selain untuk mengantisipasi anda terlambat juga bisa membuat anda mendapat kesempatan awal pada saat tes wawancara kerja nanti.

5. Bersikap tenang

Ketika anda sudah memasuki ruang tes wawancara kerja, jangan sekali-sekali anda merasa gugup atau terlihat gugup, karena bisa mempengaruhi pikiran anda saat melakukan tes wawancara nanti, juga bisa membuat penilaian anda berkurang oleh tim pewawancara.

6. Setelah nama anda dipanggil untuk memasuki ruangan tes wawancara kerja, bersikaplah sesempurna mungkin dan sopan, bisa dengan mengetuk pintu dan mengucapkan salam ketika memasuki ruangan, senyum smile lalu jabat tangan dengan orang yang akan mewawancarai anda, jangan duduk terlebih dahulu jika belum dipersilahkan untuk duduk.

Jika sudah dipersilahkan duduk, duduklah dengan tegap dikursi, jangan sampai menyandar pada kursi, lalu taruh tas anda di bawah lantai, posisi tubuh tegap jangan bergerak-gerak agar anda terlihat gagah.

7. Pada saat menjawab pertanyaan, jawab dengan percaya diri, jangan sampai menunduk dan pandangan ke arah mata orang yang mewawancarai anda dengan sedikit senyum.

Kemudian di bawah ini adalah beberapa contoh pertanyaan tes wawancara kerja yang paling umum sering ditanyakan :

  • Ceritakan tentang diri anda ?

Jawab pertanyaan ini dengan seputar hal-hal yang bagus tentang diri anda fokus ke pendidikan dan tahun-tahun terakhir prestasi yang pernah anda raih, rangkai kata-kata tersetruktur mungkin.

  • Apa yang kamu ketahui tentang kami ?

Nah.. ini adalah pertanyaan yang jawabannya sudah kita persiapkan pada awal tahap persiapan tadi, jika anda menyimak tahap persiapan yang sudah kita bahas di atas tadi pasti anda akan mengerti 🙂 .

  • Apa kelebihan anda ?

Jawab pertanyaan ini dengan sejujue-jujurnya sesuai dengan kualifikasi dan skill anda terhadap suatu bidang yang ingin anda masuki pada instansi atau perusahaan tersebut.

  • Apa kekurangan anda ?

Pertanyaan ini juga harus anda jawab dengan sejujur-jujurnya tapi harus disertai dengan alasan dan solusi tentang mengatasi kekurangan anda, misalkan anda sering bangun kesiangan, tetapi disini anda harus jelaskan apa penyebab anda bangun kesiangan bisa dengan gara-gara lembur mengerjakan sesuatu atau yang lainnya, dan anda menjelaskan juga solusi mengatasi bangun kesiangan tadi dengan cara mungkin anda sekarang memasang alaram agar bisa bangun tepat waktu atau anda mengurangi pekerjaan terlalu malam itu.

9. Ketika tes sudah selesai jangan lupa anda mengucapkan terimakasih lalu jabat tangan orang yang mewawancarai anda sambil mengucapkan ” saya sangat senang sekali jika diterima pada pekerjaan yang nanti akan diberikan kepada saya ” dan akhiri dengan salam.

Kelemahan paling utama para pencari kerja ketika sedang melakukan tes wawancara kerja biasanya adalah gugup dan gerogi ketika menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para pewawancara, untuk itu disini saya juga akan memberikan tips ampuh cara agar tidak gugup dan gerogi ketika menjawab tes wawancara kerja, agar anda bisa lebih lancar dalam menjawab semua pertanyaan yang di ajukan oleh pewawancara.

Tips agar tidak gugup saat melakukan menjawab tes wawancara kerja atau interview kerja adalah

1. sering-sering lah berlatih berbicara, bisa anda dapat dari sekolah, kampus atau privat agar anda bisa siap dan tidak gugup, bisa dipersiapkan itu semua jauh-jauh hari sebelum melakukan tes wawancara kerja.

2. Jawab pertanyaan tes wawancara tadi dengan  jawaban yang se rasional mungkin dengan tepat dan jelas.

3. Jangan lupa berdo’a sebelum melakukan tes wawancara kerja, karena Tuhan Yang Maha Esa lah yang paling utama memberikan kunci keberhasilan anda.

Sekian artikel tentang tips cara menghadapi tes wawancara kerja dan contoh pertanyaan tes wawancara kerja, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tips Cara Menghadapi Tes Wawancara Kerja | asepkanan | 4.5