Tips Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar

Tips cara mendidik anak yang baik dan benar agar anak bisa menjadi sukses dan berakhlak mulia – Anak merupakan investasi paling berharga orang tua didunia ini, dan tidak dapat dipungkiri bahwa anak juga merupakan tumpuan orang tua dikemudian hari. Semua orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi sukses, berperilaku baik, sopan, santun dan peduli terhadap orang lain.

Oleh sebab itu kita sebagai orang tua sangat berperan penting untuk memastikan masa depan anak bisa menjadi lebih baik ketika dia tumbuh dewasa nanti, untuk memastikan semua itu terjadi tentunya diperlukan suatu bekal untuk anak agar bisa menjadi manusia sejati seperti yang orang tua inginkan, bekal tersebut adalah ilmu dan pendidikan.

Cara mendidik anak yang baik dan benar

Dengan adanya ilmu semua masalah bisa menjadi mudah, terutama masalah untuk menjalani kehidupan ini. Contoh nyatanya adalah sering sekali kita mendengar cerita “bahwa seseorang yang secara tiba-tiba kaya mendadak ( harta warisan ) karena tidak memiliki ilmu untuk mengelola harta tersebut tidak berapa lama harta tersebut habis entah kemana, sebaliknya seseorang yang awalnya miskin karena dia semangat mencari ilmu tinggi besar kemungkinannya dikemudian hari dia akan menjadi kaya dan mampu menegelola kekayan tersebut bukan hanya untuk menyejahterakan dirinya sendiri tetapi juga untuk menyejahterakan orang-orang yang dicintainya dan orang-orang yang berada disekitarnya.

Sungguh besar sekali manfaat ilmu, lalu bagaimana cara mendapatkan ilmu tersebut, tentunya dengan pendidikan. Pendidikan merupakan landasan utama agar anak bisa memperoleh ilmu yang mereka butuhkan, memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak juga merupakan suatu tahapan dari tips cara merawat anak yang baik dan benar. Yang perlu anda ketahui bahwa agar anak bisa menjadi manusia yang berguna dikemudian hari bukan hanya dididik di pendidikan formal saja seperti TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi tetapi juga pendidikan informal seperti pendidikan agama, pendidikan akhlak, pendidikan budi pekerti, pendidikan etika, pendidikan moral dan lain-lain. Agar nanti kecerdasan dan ilmu anak yang diperoleh di pendidikan formal bisa sejalan dengan akhlak dan budi pekerti yang baik dari anak tersebut.

Sering kita mendengar bahkan melihat sendiri bahwa orang-orang pintar zaman sekarang banyak yang telah rusak moral dan perilakunya, bahkan sampai-sampai tidak memiliki moral sama sekali, misalnya saja mencuri uang rakyat secara terang-terangan sambil tersenyum ( korupsi ), pemerasan, penyuapan dan lain sebagainya, parahnya lagi akibat dari ulah mereka siapa yang paling dirugikan, tentu saja rakyat kecil,  orang-orang bodoh, orang-orang bodoh yang mempercayakan kebodohannya kepada mereka orang-orang pintar. Lalu apakah penyebab semua itu terjadi, tentu saja karea tidak adanya moral dan akhlak yang ditanamkan kepada dirinya sejak kecil, pendidikan yang diberikan hanya sebatas pendidikan formal saja tetapi sangat minim sekali diberikan pendidikan agama, pendidikan akhlak, pendidikan budi pekerti, pendidikan etika sehingga orang tersebut tidak memiliki moral sama sekali. Yang mereka pikirkan hanya uang, uang dan uang, tidak perduli dengan kesengsaraan orang lain.

Sebetulnya betapa hina sekali orang yang memiliki ilmu tetapi tidak benar-benar memanfaatkan ilmunya dengan sebaik-baiknya, ilmu yang sebenarnya itu tidak egois, ilmu yang sebenarnya itu mengalir menjadi kebaikan agar tercipta kebaikan baru begitu seterusnya sehingga menciptakan suatu kehidupan yang mudah, seperti tujuan ilmu yang sebenarnya ” dengan ilmu hidup menjadi lebih mudah “.

Pendidikan dan ilmu kaitannya sangat erat sekali, orang dididik agar bisa berilmu untuk bekal menjalani hidup didunia ini. semakin banyak ilmu yang diperoleh akan semakin bagus. Agar seseorang memiliki ilmu sebanyak-banyaknya tentunya harus dididik sedini mungkin ketika masih anak-anak. Masa anak-anak juga merupakan masa produktif dan berkembangnya otak sehingga akan lebih mudah sekali jika mendidik dan mengajarkan ilmu ketika masih anak-anak karena otak anak bisa lebih mudah dan cepat menyerap ilmu tersebut.

Masa depan untuk anak sangat penting sekali, seperti apa anak nanti dewasa semua dipengaruhi dari sekarang ketika dia masih anak-anak, untuk itu agar anak anda bisa menjadi orang yang berguna bagi orang banyak kelak ketika dia dewasa pendidikan yang baik dan benar harus anda terapkan dari sekarang. Memang benar semua orang tua menginginkan anaknya untuk menjadi sukses dikemudian hari tetapi yang harus anda ketahui menjadi sukses dan bergelimangan harta bukanlah segala-galanya jika sukses hanya menyengsarakan orang lain, jika uang yang diperoleh bukan uang halal, jika cara dia sukses mengorbankan orang lain, jika kita sukses tetapi orang disekelilingnya menderita, itu bukan lah harapan semua orang tua. Pasti semua orang tua menginginkan anaknya untuk menjadi sukses dengan cara yang baik, sukses keuangannya, sukses kebahagiannya, sukses cintanya, sukses kesehatannya dan masih banyak kesuksesan lainnya.

Oleh sebab itu berikan pendidikan yang terbaik untuk anak anda, pendidikan seperti apa yang terbaik untuk anak tersebut. Untuk mempersiapkan anak yang berkualitas dari segi integritas dan karakter sangat diperlukan pendidikan yang banyak sekali bukan hanya pendidikan formal seperti SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi tetapi berbagai kombinasi pendidikan sekaligus. Pendidikan formal ( SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi ) untuk melatih integritas dan kecerdasan otak anak dan pendidikan informal ( pendidikan agama, pendidikan akhlak, pendidikan budi pekerti, pendidikan etika, pendidikan moral ) untuk melatih karakter anak agar menjadi anak yang bertingkah laku baik, sayang terhadap orang lain, rendah hati dan jujur.

Itulah beberapa tips cara mendidik anak yang baik dan benar agar anak bisa menjadi sukses dan berakhlak mulia, semoga bisa menjadi referensi dan inspirasi bagi kita semua, terutama bagi orang tua yang tengah menyiapkan rencana pendidikan terbaik untuk buah hatinya.

Tips Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar | asepkanan | 4.5