Tips Belanja Online Terpercaya Agar Aman dan Terjamin

Tips belanja online terpercaya agar aman dan terjamin dengan cara belanja online yang baik dan benar – Proses jual beli pada saat ini telah berkembang sangat pesat sekali dari zaman ke zaman, di era modern pada saat ini proses jual beli antara penjual dan pembeli tidak perlu harus susah-susah bertatap muka lagi tetapi sudah bisa melakukan transaksi atau biasa disebut dengan jual beli online.

Pada saat ini aktifitas Jual beli secara online sudah menjadi trend bisnis yang sangat menggiurkan , bukan rahasia umum lagi, banyak pembisnis yang awalnya menjalankan bisnis secara offline kini mulai beranjak mempromosikan produk barang dan jasanya melalui online. Tentu saja selain media nya yang sudah terbukti efisien aktifitas jual beli online juga dipermudah dengan akses yang bisa dijangkau dimana saja dan kapan saja dengan mengandalkan koneksi internet.

Internet sangat berperan besar sekali terhadap aktifitas jual beli online ini karena internet bisa diakses dimana saja dan kapan saja tandap dibatasi oleh ruang dan waktu, media untuk mengakses internet pun sudah bisa dimiliki oleh semua kalangan dan bermacam-macam sekali contohnya saja adalah smartphone, tablet, laptop dan komputer.

Dalam dunia jual beli online disini sebagai media utamanya adalah melalui internet, para penjual biasanya menawarkan daganganya melalui facbook, twitter, BBM, website, blog dan media internet lainnya dengan metode pembayaran transfer tentunya.

Tips Belanja Online Terpercaya Agar Aman dan Terjamin

Produk yang ditawarkan oleh penjual melalui online ini pun sangat bermacam-macam sekali, dalam jual beli online banyak sekali penjual yang menawarkan barang-barang sehari-hari seperti aksesoris, pakaian, kendaraan, produk rumah tangga, produk kecantikan, sarana hiburan dan masih banya lainnya.

Munculnya era baru dalam proses jual beli seperti jual beli online ini tentu saja mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat, banyak dari masyarakat pada saat ini untuk memenuhi kebutuhannya lebih memilih untuk belanja online dari aktifitas jual beli online ini karena prosesnya yang cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Sejatinya aktifitas jual beli online sama saja saja dengan aktifitas jual beli seperti biasanya yang kita lakukan sehari-hari, baik di toko, dipasar di supermarket dan lain-lain hanya media, cara belanja dan pembayarannya saja yang sedikt berbeda. Tentu saja seperti yang telah kita ketahui dalam aktifitas jual beli pasti ada untung dan ruginya, memang benar belanja online cenderung memiliki keuntungan yang banyak sekali salah satunya adalah kemudahan akses yang sangat mudah dan pilihan barang yang ingin kita beli tidak terbatas namun kelemahan yang paling menonjol dalam aktifitas jual beli online adalah kurangnya kontrol dan pengawasan, terutama kurangnya kontrol dan pengawasan dari si pembeli terhadap si penjual.

Penjelasan sederhana nya adalah dalam aktifitas jual beli online kita sebagai pembeli tidak memiliki kontrol dan pengawasan yang akurat terhadap suatu barang yang ingin kita beli melalui online, misalnya kita tidak bisa melihat barang yang akan kita beli secara langsung, kita tidak bisa memeriksa kondisi barang yang ingin kita beli secara langsung, kita tidak bisa mencoba terlebih dahulu barang yang ingin kita beli tersebut ( misalnya pakain, aksesoris, peralatan ).

Dari penjelasan tersebut kita pasti sudah bisa menyimpukkan bahwa kita sebagai pembeli disini memberikan kepercayaan tinggi sekali terhadap si penjual bahwa barang yang akan kita beli bisa cocok 100 % dengan selera kita dan penjual benar-benar menyediakan barang yang sesuai dengan mereka promosikan kepada kita, nah jika ternyata si penjual tersebut memiliki niat jahat untuk meraup keuntungan yang sebanyak-banyak nya bisa saja nanti mereka menjual barang yang tidak sesuai dengan yang sudah disepakati di awal atau lebih buruknya penjual tersebut bisa-bisa malah menipu kita, tentu saja disini yang paling dirugikan sekali adalah anda para pembeli nantinya bukan.

Oleh sebab itu dalam melakukan aktifitas jual beli online terutama bagi anda para pembeli anda harus berekstra hati-hati dan waspada sekali karena kejahatan penipuan bisa terjadi dimana saja, apalagi dalam belanja online yang sejatinya kita menaruh kepercayaan tinggi kepada penjual tentang produk yang ingin kita beli, pasti peluang tertipu lebih besar bisa terjadi terhadap anda bukan.

Untuk menghindari penipuan dalam jual beli online anda harus mengetahui betul tentang tips belanja online agar aman dan terjamin dan mengenal betul tentang macam-macam modus penipuan dalam jual beli agar anda memiliki pengetahuan lebih dalam melakukan aktifitas jual beli online terutama dalam berbelanja online di internet.

Pada saat ini ada banyak sekali modus penipuan yang mengatas namakan jual beli online, dan tentunya kalau anda para pembeli tidak waspada dan berhati-hati bisa saja anda tertipu dan pastinya akan mengalami kerugian yang tidak sedikti bagi anda nantinya. Modus penipuan dalam aktifitas jual beli online tersebut contohnya saja adalah :

1. Menjual barang palsu ( KW )

Ini adalah masalah yang paling sering terjadi dalam proses jual beli, bukan hanya pada saat jual beli online, pada saat jual beli offline seperti dipasar, toko, supermarket penipuan seperti ini juga sering terjadi, modus penipuan jual beli tersebut yaitu dengan menjual barang palsu. Dalam jual beli online penjual bisanya menawarkan suatu barang bermerek yang umumnya harganya lumayan mahal di pasar atau grosir resminya tetapi mereka menjualnya dengan harga murah bahkan bisa sampai setengah harga dari harga aslinya, biasanya mereka memberikan foto-foto barang palsu tersebut dengan foto-foto barang asli dengan di tambah foto artis yang memakai barang tersebut, misalnya tas, pakaian, perhiasan, dan masih banyak lainnya tentu ini sangat menarik minat para pembeli bukan.

2. Menjual barang tidak sesuai dengan contoh

Nah.. ini adalah kasus yang baru-baru terjadi di Indonesia yaitu ada penjual online yang menjual barang tidak sesuai dengan contoh dan spesifikasi yang diberikan oleh penjual, bahkan kasus yang baru saja terjadi menimpa salah satu pembeli online asal Indonesia yaitu orang tersebut membeli smartphone di salah satu toko online terkenal di Indonesia setelah pembayaran dilakukan oleh pembeli kemudian pembeli menunggu sekitar 3 hari barang dikirim ke rumahnya dan apesnya ternyata setelah paket barang yang telah dipesan oleh pembeli sampai ke rumah bukannya smartphone yang diterima tetapi malah sebatang sabun mandi yang berada didalam paket tersebut, kan apes banget itu nama nya 🙁 .

3. Pura-pura menjual barang

Kalau penipuan jenis ini pasti sudah sering anda mendengarnya dimasyarakat bahkan mungkin anda pernah mengalaminya sendiri, bukan hanya pada jual beli online saja kasus seperti ini terjadi tetapi pada saat jual beli offline di kehidupan sehari-hari kasus seperti ini sudah sering terjadi.

Biasanya pada saat menawarkan barangnya modus penipu jenis ini menawarkan barangnya melalui media sosial, biasanya mereka memajang foto barang dengan embel-embel barang yang dijualnya menarik dengan harga yang sangat murah dibandingkan harga normalnya, biasanya barang yang sering dipromosikan sebagai modusnya adalah motor, mobil, gadget, laptop dan barang-barang keren lainnya.

Anda harus sangat berhati-hati dengan modus penipuan jenis ini karena setelah anda mentransfer uang untuk membeli barang yang ditawarkannya biasanya orang tersebut langsung kabur tanpa meninggalkan jejak sedikit pun, akun fb, twitter, bbm nya langsung menghilang dan anda tidak bisa menghubungi dia kembali.

Sebenarnya masih banyak lagi modus penipuan berkedok jual beli online pada saat ini, tetapi modus penipuan yang paling sering terjadi adalah seperti yang sudah di jelaskan diatas, bagaimana apakah anda sekarang mulai ragu untuk berbelanja online atau mungkin jika anda sudah pernah ada yang menjadi korbannya pada saat ini sudah trauma dan tidak mau lagi untuk berbelanja online.

Well… yang perlu anda ingat bahwa semua aktifitas jual beli itu memiliki resiko yang sama, untung dengan rugi, dan yang paling di inginkan setiap orang dalam aktifitas jal beli adalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan modal seminimal mungkin, atas dasar ini lah penjual dengan segala cara untuk bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya tersebut.

Tetapi anda tenang saja untuk bisa belanja online dengan aman dan menghindari dari tindakan penipuan, sebenarnya ada trik dan kiat-kiat khusus yang harus anda perhatikan sebelum melakukan transaksi dalam jual beli online ini, tentunya dengan memahami trik dan kiat-kiat berbelanja online yang baik dan benar agar bisa menambah pengetahuan anda tentang berbelanja online dengan nyaman dan aman tanpa di hantui oleh adanya penipuan berkedok jual beli online lagi.

Lalu sebenarnya seperti apa saja tips, trik dan kiat-kiat belanja online dengan cara belanja online yang baik dan benar agar aktifitas berbelanja online kita bisa aman dan terjamin kepercayaannya, silahkan anda simak penjelasan lengkap nya dibawah ini :

1. Kenali identitas penjual

Yang pertama sekali perlu anda perhatikan dalam berbelanja online maupun jual beli online adalah kenali terlebih dahulu penjual dari toko online yang ingin anda beli barang nya, apalagi jika yang pertama menawarkan barang adalah si penjual, dalam hal ini si penjual berperan sebagai reseller, dropshiper atau toko online mandiri, disini anda harus sangat berhati-hati apakah si penjual penipu atau bukan anda belum mengetahui nya, oleh sebab itu tanyakan identitas si penjual terlebih dahulu scan ktp, foto asli dan jika ada suruh tunjukkan legalitas toko online yang sedang dikelolanya.

Berbeda halnya jika anda yang pertama kali mencoba memang benar-benar sedang mencari toko online di Internet, disini sangat butuh sekali ketelitian anda, cek siapa pemilih website toko online tersebut, ada badan legalitas usahanya apa tidak dan yang terlebih penting adalah tersedianya nomor yang bisa dihubungi terlebih dahulu sebelum melakukan order untuk bertanya tentang syarat dan ketentuan apa saja untuk berbelanja di toko online tersebut.

2. Kenali identitas toko online

Seperti yang telah dijelaskan diatas, anda juga harus mengenali betul identitas toko online yang ingin anda beli barang dagangannya, disini saya asumsikan anda ingin berbelanja online di website-website toko online besar, mungkin anda sering mendengar ataupun melihat iklan di televisi tentang toko jual beli online, melihat iklan tentang toko online melalui televisi tersebut pasti membuat anda yakin bahwa anda akan aman berbelanja di situ dengan harga murah, apalagi jika iklannya di iming-imingi dengan diskon, belum tentu.

Anda juga harus tetap waspada, biasanya iklan hanya menampilkan kelebihannya saja tetapi syarat dan ketentuannya tidak ditampilkan juga, periksa terlebih dahulu sebelum berbelanja seperti pada tips belanja online aman nomor 1 di atas lalu hubungi terlebih dahulu costumer service toko online tersebut tentang cara order, biaya ongkir dan syarat dan ketentuan yang berlaku.

3. Cari testimoni

Untuk lebih meyakinkan anda berbelanja online pada seorang penjual online ataupun website toko online besar lebih baiknya anda mencari testimoni terlebih dahulu tentang pengalaman berbelanja online seseorang pada suatu toko online tersebut, misalnya anda bisa bertanya teman, sahabat, kerabat maupun orang terdekat anda yang paling anda percayai.

4. Kalau perlu ajak rekber ( rekening bersama )

Rekber adalah rekening bersama, transaksi dengan cara rekber ini bisa dibilang cukup aman karena sistemnya yang fear dan terbuka, tidak seperti transaksi pada umumnya yang melibatkan 2 orang saja, dengan adanya rekber sehingga transaksi bisa dilakukan dengan 3 orang dan pemilik rekber ini lah yang sebagai pihak ketiga nya yaitu pihak penengah, sistim transaksinya seperti ini terlebih dahulu anda mentransfer uang ke penyedia rekber, kemudian penyedia rekber konfirmasi kepada penjual bahwa uang sudah dikirim ke rekening rekbernya kemudian si penjual mengirim barang yang anda beli kepada anda, ketika barang sudah sampai barulah anda konfirmasi bahwa barang telah anda terima dan si penyedia rekber mentransfer uang nya kepada si penjual.

Cukup fear juga kan jika menggunakan jasa rekber untuk bertransaksi online, tetapi sebelumnya anda harus mencari penyedia jasa rekber yang benar-benar terpercaya dan memiliki badan hukum tentunya.

Namun transaksi menggunakan rekber ini hanya bisa dilakukan dalam berbelanja online dengan toko online mandiri perorangan, reseller, dan dropship saja, kebanyakan toko online besar memiliki sistem pembayaran sendiri yang telah diatur oleh kebijakan perusahaan nya.

Nah itulah tadi artikel tentang tips belanja online agar aman dan terjamin, dunia bisnis sekarang memang telah berkembang sangat pesat sekali dengan semakin maju nya teknologi, oleh sebab itu kita sebagai konsumen harus benar-benar bisa menjadi smart buyer diera digital seperti pada saat ini dengan selalu update informasi dan pengetaahuan baru setiap harinya.

Tips Belanja Online Terpercaya Agar Aman dan Terjamin | asepkanan | 4.5