Arti Kebahagiaan Sejati

Apa sih kebahagiaan itu ?

Mungkin sebagian orang merasa hidup yang dijalaninya terasa berat, susah, selalu banyak cobaan, dan tenggelam didalam ekonomi yang terpuruk, lalu apakah orang dengan kriteria seperti ini bisa hidup bahagia ?

Kemudian ada lagi orang dengan ekonomi mapan, mempunyai mobil mewah,  punya jabatan tinggi, terkenal, lalu apakah kriteria orang seperti ini sudah bisa dikatakan hidup bahagia ?

Banyak yang mendefinisikan bahwa bahagia itu bisa hidup enak, memiliki banyak harta, kaya raya, hidup mewah, berpangkat tinggi, dihormati banyak orang dan hal-hal yang menurut manusia bahwa mereka telah berada di tahta puncak kehidupan.

Namun apakah semua itu benar, apakah itu yang dinamakan bahagia ?

Jika ada orang yang mendefinisikan kebahagiaan seperti ini sudah bisa dipastikan orang tersebut belum menemukan kebahagiaan sejati yang sebenarnya.

Well… lika-liku kehidupan manusia memang bermacam-macam sekali, kadang dibawah kadang diatas, bisa jadi seseorang yang dahulunya miskin sekarang bisa menjadi kaya karena kerja kerasnya yang tidak pantang menyerah.

Lalu ada juga orang yang dahulunya kaya raya namun seiring berjalannya waktu karena kesalahannya orang tersebut mendadak menjadi miskin.

Intinya roda kehidupan itu terus berputar, mungkin saja jika anda merasa kaya raya telah sukses membangun sebuah usaha bisnis dikota anda lalu kemudian keesokan harinya terjadi gempa bumi dan tsunami menerjang kota tersebut, apa yang akan terjadi ?

Atau jika anda adalah seorang yang miskin hanya nelayan pencari ikan namun dikemudian hari ketika anda sedang melaut untuk menangkap ikan dan mengayunkan jala ke laut tiba-tiba anda mendapatkan peti yang berisi penuh emas harta karun, apa yang akan terjadi ?

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa peran Tuhan dalam kehidupan ini sungguh nyata akan adanya, tidak ada yang bisa menebak apa yang akan terjadi pada hidup kita dimasa depan.

Ada surat dalam Agama Islam yang mengatakan bahwa ” Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, jika bukan kaum itu sendiri yang merubahnya”

Dari hadits tersebut saja sudah dapat kita pahami bahwa kaya dan miskin, pintar dan bodoh, atau sesuatu yang bisa dicapai dan tidak bisa dicapai merupakan tantangan bagi manusia untuk meraihnya. Untuk urusan berhasil atau tidak berhasil tergantung sejauh mana usaha kita dan kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

Manusia hanya bisa belajar dan belalajar bagaimana cara meminimalisisr kesalahan yang akan terjadi dikemudian hari, namun 100 % kita hanya berjalan diatas garis yang telah Tuhan tentukan untuk kita.

Masih belum percaya ?

Anda tahu dengan keberuntungan dan kesialan, nah itulah kehendak nyata dari Tuhan yang diberikan kepada kita secara tiba-tiba 🙂

Namun kebahagiaan itu bukanlah harta, kebahagian itu bukanlah sesuatu yang terlihat, namun terkadang kebahagiaan itu tercermin dari ekspresi dan tindakan kita.

Kebahagiaan itu hanya manusia sendiri yang bisa mencapainya.

Kebahagian itu bagaimana anda merasa, bukan bagaimana anda melakukannya.

Kebahagiaan itu melebihi cinta dan kasih sayang, bahkan cinta dan kasih sayang sendiri merupakan unsur dari kebahagiaan.

Arti kebahagiaan sejati

Kebahagiaan itu tidak bisa di ungkapkan dengan puisi kata-kata, kebahagian itu sederhana, kebahagian itu indah, kebahagiaan itu hadir dikala anda miskin ataupun kaya, kebahagiaan itu milik semua orang, kebahagiaan itu tidak ternilai, kebahagian itu tidak bisa dibeli. Dan banyak sekali ungkapan kebahagiaan yang bisa kita sebutkan.

Lalu bagaimana cara memperoleh atau mendapatkan kebahagiaan sejati ?

Untuk bisa memperoleh kebahagiaan yang benar-benar bahagia itu perlu kerja keras yang harus anda lakukan dan buah hasil dari kerja keras tersebut adalah kebahagiaan, kerja keras dalam meperoleh pekerjaan, kerja keras dalam memperoleh cinta dan kasih sayang, kerja keras untuk memperoleh pengakuan dan kerja keras lainnya yang selama ini anda lakukan.

Sejatinya kebahagiaan itu memilliki banyak sekali perpaduan, dan semakin banyak perpaduan kebahagiaan yang anda peroleh maka akan semakin besar pula kebahagiaan yang anda dapatkan.

Seperti halnya untuk bisa memperoleh rasa masakan yang begitu enak dan nikmat kita butuh sekali resep yang ampuh, sama halnya dengan kebahagiaan semakin banyak perpaduan resep hidup bahagia, semakin tinggi pula nilai kebahagiaan itu.

Anda merasa bingung ? 🙂

Untuk lebih jelasnya begini :

1. Bagimana perasaan anda jika anda berhasil mendapatkan seorang wanita / pria yang telah lama anda idam-idamkan, pastinya bahagia bukan ?

2. Bagaimana perasaan anda jika anda telah berhasil mendapatkan pekerjaan yang telah lama anda idam-idamkan bahkan dengan gaji diatas yang anda bayangkan, pastinya bahagia bukan ?

3. Bagaimana perasaan anda jika anda dan pasangan anda memperoleh momongan ( anak ) yang dipercayakan Tuhan kepada untuk merawat, menjaga dan mendidikinya, tentunya anda merasa bahagia bukan ?

Lalu bagaimana jika anda telah meraih ketiga kebahagiaan diatas secara bersamaan atau barangkali jika anda manusia paling beruntung dimuka bumi bagaimana jika anda mendapatkan kebahagiaan diatas sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

This is very amazing… 🙂

Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi, bagaimana jika saya yang mendapatkan kebahagiaan itu 🙂

Intinya kebahagiaan itu adalah sesuatu yang telah anda idam-idamkan dan kemudian berhasil anda wujudkan dengan cara dan kerja keras anda sendiri bukan cuma karena keberuntungan namun telah anda dapatkan dengan perjuangan yang keras dengan banyak rintangan dan hambatan yang telah anda lalui demi meraih impian anda tersebut.

Problem

Setelah kita mengetahui tentang apa itu kebahagiaan dan cara memperoleh kebahagiaan, lalu kita akan membahas tentang problem atau masalah tentang kebahagiaan.

Mungkin anda bertanya-tanya :

Apakah ada problem kebahagiaan ?

Tentu saja ada.

Masalah yang pasti akan muncul adalah bagimana jika kebahagiaan itu hilang dari hidup anda dan bagaimana anda mempertahankan kebahagiaan itu, mungkin dengan membaca status salah satu teman facebook saya ini anda bisa mengambil kesimpulannya. 🙂

Arti kebahagiaan sejati

Raih cita-cita mu, raih impian mu, raih sesuatu yang telah kamu idam-idamkan, jalani kehidupan yang kamu sukai maka bisa dipastikan kebahagiaan yang sebenarnya akan anda dapatkan, jika anda telah berhasil meraih kebahagiaan bukan berarti anda telah puas dan berhenti disitu saja, masih banyak kebahagiaan di luar sana yang bisa anda peroleh untuk melengkapi kebahagiaan-kebahagiaan yang telah ada.

Itulah tadi artikel tentang arti kebahagiaan sejati yang sebenarnya, semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk anda semua, tetap semangat menjalani hidup dan berjuanglah meraih kebahagiaan anda masing-masing.

Arti Kebahagiaan Sejati | asepkanan | 4.5