Adab Berdakwah Melalui Media Sosial

Berdakwah saat ini tidak hanya dilakukan saat pengajian atau pada forum resmi lainnya. Anda dapat melakukan dakwah kapanpun dan dimanapun dengan berbagai media, salah satunya media sosial yang mudah diakses siapa saja. Memberi faedah ilmu atau nasehat singkat melalui status di jejaring sosial seperti facebook sudah menjadi amalan mulia dan berpahala. Namun ada yang perlu diperhatikan terkait adab berdakwah di media sosial. Berikut beberapa diantaranya.

Menyampaikan Pesan yang Benar

Sebelum anda memulai perbuatan yang pertama ditunaikan adalah niat. Tunaikan niat dengan bersungguh-sungguh untuk melawan riya, pamer, atau dapat like banyak. Sesudah anda melakukan niat tersebut, adab berdakwah di media sosial selanjutnya adalah pastikan bahwa pesan yang anda sampaikan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Sertakan dalil yang mendukung dari Al Qur’an, sunnah, dan perkataan para sahabat. Terkadang seseorang mengkutip dalil dari Al Qu’an tetapi cara penafsirannya tidak sesuai dengan kaidah. Oleh karena itu, anda patut waspada dengan pesan jenis ini.

Menjaga Amanah Ilmiah

Dalam menyampaikan pesan hendaknya selalu berusaha mencantumkan sumber dari mana ilmu tersebut kita peroleh. Itulah yang menjadi adab berdakwah di media sosial berikutnya. Hal ini dilakukan agar kita tidak termasuk dalam orang-orang yang melakukan dusta karena sudah mengakui sesuatu yang bukan miliknya.

Selain itu, hendaknya kita tidak menuliskan sesuatu yang bersinggungan dengan masalah yang sekiranya diluar batas kemampuan kita. Sehingga kemudian tidak memunculkan debat yang tidak bermanfaat. Dan meskipun pesan ini disampaikan dalam bentuk tulisan, baiknya kita tetap menjaga sopan santun dan etika. Jangan sertakan celaan, kata-kata kasar, atau perbuatan yang menjatuhkan kehormatan orang lain. Pertimbangkan maslahat dan mafsadat dalam menyampaikan pesan. Pastikan siapa saja sasaran anda, sehingga pesan yang disampaikan tepat sasaran. Dalam menyampaikan pesan, anda tidak boleh mudah berfatwa. Karena fatwa memiliki kehormatan yang tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Itulah tadi adab berdakwah di media sosial yang perlu anda ketahui. Semoga ilmu yang anda sampaikan bermanfaat.

Adab Berdakwah Melalui Media Sosial | asepkanan | 4.5